PEMBUKTIAN ROLLER SELANG-SELING
Soal kontraversi penerapan roller selang-seling antara yang berbobot berat dengan ringan. Malah ada juga yang sebagian roller digerus (dibubut) diamater luarnya biar jadi lebih kecil guna mendapatkan percepatan akselerasi yang mantap di putaran bawah hingga tengah.
Efek hal itu, menurut sebagian mekanik akan menimbulkan vibrasi saat berakselerasi. Sedang lainnya sangsi hal itu. Nah, ketimbang bingung, yuk kita jajal. Sekalian membuktikan apakah benar penggantian roller kombinasi dari segi akselerasi hasilnya bakal lebih baik dari yang berbobot rata?
ROLLER STANDAR
Praktiknya di Honda Vario 2008 berjarak tempuh sudah 14.000 km. Kondisi motor sudah spec up di beberapa bagian. Misal knalpot diganti merek Password tipe racing harian, lalu CDI pakai Ftech serta pilot jet dinaikkin 1 step, dari 35 jadi 38. Lainnya masih standar termasuk komponen CVT.
Dengan spek itu, akselerasi yang terukur (berat 60 kg) untuk jarak 0–201 meter, 14,75 detik. Top speednya 105 km/jam. “Pada akselerasi 0 menuju 10 km/jam, terjadi vibrasi. Di atas itu vibrasi hilang,”.
Lalu roller lama diganti baru, tapi tetap standar (Honda Genuine Part). Karena saya berasumsi, bisa jadi vibrasi di putaran bawah disebabkan roller yang jam terbangnya sudah lumayan tinggi. Termasuk belt CVT-nya. Namun saat dites ulang pada kecepatan 0–10 km/jam tetap terjadi vibrasi serupa. Begitu pula dengan kemampuan lari menempuh jarak 0-201. Kecepatan maksimum juga tetap 105 km/jam.
KOMBINASI 9/11 GRAM
Roller ditukar kombinasi 9/11 gram pakai produk LHK, Thailand, jumlah jalur roller di Vario totalnya ada 6 buah, yang dikelompokkan jadi 3 bagian. Tiap bagian terdiri dari 2 jalur. Posisi pemasangan 3 buah roller berbobot lebih berat selalu diutamakan di jalur paling depan pada tiap bagian bila dilihat searah putaran puli.
Sedang 3 lainnya (lebih ringan) ditaruh di jalur sebelahnya. “Karena yang terlontar paling duluan pasti roller yang ada di jalur depan,”
Hasilnya, vibrasi lebih parah dari pemakaian roller standar. Malah getaran mulai start hingga kecepatan 15 km/jam. Namun dari segi akselerasi memang ada peningkatan. “Tarikan di putaran bawah ke tengah lebih enteng,”. Untuk menempuh jarak 0–201 meter lebih cepat 0,1 detik dibanding pakai roller standar, yakni jadi 14,65 detik. Top speed podo ae mentok 105 km/jam.
RATA 11 GRAM
Bobot roller pakai yang rata 11 gr. Ternyata dari segi akselerasi, sama dengan penerapan roller kombinasi 11/9 gr. Baik soal respons percepatan di putaran bawah ke tengah, maupun top speed yang mampu dicapai. Malah catatan waktu untuk jarak tempuh 0–201 meter lebih cepat 0,03 detik.
Efek vibrasi lebih smooth ketimbang pakai roller kombinasi. “Mirip saat pakai roller standar,”. Begitu pula saat dicoba pakai merek lain, KTC dengan bobot sama. Sebab kualitas produk yang berlainan juga sangat mempengaruhi hasil lo.
Oh ya, ini sekaligus membuktikan bahwa penggantian roller dengan bobot yang lebih ringan dari standar memang mampu membuat akselerasi di putaran bawah meningkat. Tapi akan lebih baik lagi bila diikuti penyesuaian pada puli skunder.
KESIMPULAN
Pemakaian roller kombinasi tak terbukti bikin akselerasi lebih baik dari yang berbobot rata. Sesuai gaya sentrifugal, yang efektif bekerja pada roller kombinasi hanya yang paling berat, karena terlontar lebih dulu dari yang ringan. Artinya, roller berbobot lebih ringan kerjanya cuma ngikut saja.
Efeknya, karena yang menekan puli primer bagian dalam (kanan) saat awal akselerasi hingga kecepatan menengah hanya 3 buah roller (yang berat), akibatnya bukaan puli primer kanan jadi kurang rata. Makanya vibrasi jadi kian parah. Selain itu lama-lama roller yang berat jadi cepat aus/peyang karena kerjanya lebih berat dari yang ringan.seperti yang sudah terbukti, pada hasil dari tes diatas.
Hal sama diderita beberapa pengguna Mio. Kombinasi standar (10 gr) dengan 7 gr merek KTC. Belum lama ini timbul vibrasi parah sampai bikin bagian di puli skunder rusak berat,”. Anehnya, roller yang peyang justru yang orisinal Mio.
Hal sama diderita beberapa pengguna Mio. Kombinasi standar (10 gr) dengan 7 gr merek KTC. Belum lama ini timbul vibrasi parah sampai bikin bagian di puli skunder rusak berat,”. Anehnya, roller yang peyang justru yang orisinal Mio.
Tapi ingat, timbulnya getaran atau slip pada CVT bukan cuma karena roller. “Kampas sentrifugal, belt, per serta komponen CVT lain yang kinerjanya sudah melebihi batas servis juga memicu vibrasi,”.
Sudah mengerti dan yakin?
pake roller 7 gram rpm 1500 gmana jadinya gan???
BalasHapusTerasa ringan motor anda...sob..pada motor mio aku aku pake roller 7gram sama perCvt 1500 rpm...namun kanvas ganda harus jua d'perh atikn geng...
Hapusroller 7gram & per CVT 1500Rpm
Hapustarikan ringan.. Tp bagaimana dg top speednya gan Ayhe Caem..?
Aku pake roller TDR 7g.3 biji 3 biji lgi yg standar selang seling di mio gt ym jet fi .vert standar v.beld standar sumpah tarikan pertsma parah .lari nya trun biasa nya 80.5%.jadi 80km/h parah dah .rencana mw pake ulroller yg 9g aja dah
HapusAku pake roller TDR 7g.3 biji 3 biji lgi yg standar selang seling di mio gt ym jet fi .vert standar v.beld standar sumpah tarikan pertsma parah .lari nya trun biasa nya 80.5%.jadi 80km/h parah dah .rencana mw pake ulroller yg 9g aja dah
HapusGan kalo kita ga perhatiin kanvas koplingnya pengaruhnya apa ??
Hapuspengaruhnya mesin triak dan getaran terasa sekali, mending di ganti aja kampas koplingnya
HapusGanti kampas ganda yg stndr atau merk racing
HapusKlo pake loler 7 sma 9 gr , per cvt 2000 . Gmna jadinya?
HapusGan kalo cuma pake 3 buah roller akibatnya apa ya? Makasih
BalasHapusngeden tuh motor
HapusEnak gan tarikan bawahnya bisa terbang terbang malah, cuman ya itu ngdeden
Hapusdi mio soul pake roller KTC 7 gram rata + per CVT 1500 RPM, tarikan bawah sampe sekitar 30-40 kmh enteng enak walau mesin terdengar lebih meraung dibanding standar.. nah mulai 40 keatas, gak enak.. raungan mesin terlalu tinggi.. ini ada rencana mo ganti yang 9 gram rata aja deh..
BalasHapusItu kalo 7 rata di putaran atas nya dapet ga?
Hapusmeneruskan posting yg di atas, intinya semakin roller ringan maka semakin getar rpm walaupun pelan, mesin jadi mendengung seperti layaknya motor kopling gigi 1 di gas terus tanpa pemindahan gigi..apapun bentuk sparepart,mau di oprek seperti apapun, tetap saja nyaman sparepart standar untuk harian..pengalaman pribadi
BalasHapuskalau dengung per cvt nya ganti yg lebi keras
Hapusklo buat motor beat karbu ksih loller yng brapa grm sama per cvt yng brapa rpm.??
HapusMas adam mau serng lintas jalanan jauh atau gak ? Bagusnya per cvt tetap pakai standar. Kalo pakai yang 1000 atau 1500 cuma buat mesin meraung. Memang mantap kalo dari segi akselerasi, dari 0-40 bisa cepat, tapi lewat dripada itu motor terasa berat dan suara mesn jadi teriak. Krena pernya keras. Bentuk per cvt standart sudah ideal, apa lg panjang per nya lebih pnjang dri mio. Tnggal mas adam main kan d roller aja. Coba mas pakai roller 10 atau 11.
HapusJaraknya si dket om, ini baru recana mau pke 9g disilang sama yng standar per cvt tetap standar itu gmna om tarikannya enak ga trus suara knalpot ngaruh gk soalnya udah bobokan.
HapusMhon penjelasannya om.
meneruskan posting yg di atas, intinya semakin roller ringan maka semakin getar rpm walaupun pelan, mesin jadi mendengung seperti layaknya motor kopling gigi 1 di gas terus tanpa pemindahan gigi..apapun bentuk sparepart,mau di oprek seperti apapun, tetap saja nyaman sparepart standar untuk harian..pengalaman pribadi
BalasHapusOm kalau buat beat street harus pake roller berpa gram?
HapusSeandaikata rumah roller mio j diganti dengan rumah roller vario,untuk tanjakan dan perjalan naik ke bukit bisa geden gak ya gan,tq sebelumnya
HapusGan roler standar untuk mio sporty brpa gram ya?
BalasHapusGan kalau vario 10 gr + cvt 1500 gimana gan bagus ga ???
BalasHapusmio 2006 enaknya pake roller berapa?
BalasHapusRoller. 7gram geng...sama perCvt 1500 rpm...n perhatikan jua kanvas koplingnya ych
HapusTapi Om awalnya Nouvo saya pake per cvt 1500 Rpm dan pakai roller 12gr rata, motor dibawahnya berat banget sangat meraung , tapi setelah saya ganti pake per kampas ganda yg 1500rpm dan roller masih tetap 12 motor tarikannya lebih ringan , tapi apakah ada efek sampingnya atau engga ?
HapusTapi Om awalnya Nouvo saya pake per cvt 1500 Rpm dan pakai roller 12gr rata, motor dibawahnya berat banget sangat meraung , tapi setelah saya ganti pake per kampas ganda yg 1500rpm dan roller masih tetap 12 motor tarikannya lebih ringan , tapi apakah ada efek sampingnya atau engga ?
Hapusmungkin perlu dicoba yg ringan yg didepan...
BalasHapuskarena yg ringan yg duluan keluar ndorong puli
Gan gimana kalo pake Per CVT 1500RPM TDR + Roleer 9silang11 + mangkok kampas KAWAHARA + Vbelt TDR di pasang di mio?
BalasHapusgan klo pake roller 8gr + per cvt 1000 gmn????
BalasHapusNyimak om kalo vario cw enaknya rollerny ukuran brp iy om
BalasHapusNyimak om kalo vario cw enaknya rollerny ukuran brp iy om
BalasHapusmas bro motor sy mio soul GT sy pk Roller kombinasi 5grm sm 9grm stndrnya per cvt gnti 1500rpm tarikan awal mantap tengah dan atasanya jg sy ud buktikn sndri jd kl menurut sy pengalaman praktek dn teori jauh bda sy lbh milih prateknya drpda teori...
BalasHapusGan kalau rumah roller mioj diganti rumah roller vario gimana bisa gak ya
Hapusbuat temen2 yg ingin motor kalian akselerasi awalnya mantap dan top speednya mantap coba ganti roller kombinasi 5grm sm 9grm per cvt 1500 rpm merk TDR gak ada vibrasi sm skli sy ud bktkan motor sy berani lari sm vario techno 125 vario tertinggal jauh..
BalasHapusTata letak nya gmna 5 gr dman?
Hapus9gram dmna?
cara menghilangkan greeg greeg..gtaran d cvt kasih pelumas greas cvt di bagian rumah puly tempat roller jgn terlalu banyak greasnya coba deh pasti greeg2hilang
BalasHapusKalok mio soul 2010 bgus nya brpa yha om aq oplos semua merek sipp lari nya
BalasHapusAne mau tanya gan, motor ane soul gt 125, ane mau ganti roller.nya, bagusnya kombinasi berapa sama berapa gr ya?
BalasHapusKayanya. Bagusnya ganti tunggangan deh.. Biar gak ada efek samping 👅
BalasHapusKayanya. Bagusnya ganti tunggangan deh.. Biar gak ada efek samping 👅
BalasHapusKalo motor vario ingin akselerasi mantap tipsnya gimana bos?? Mohon masukannya trims
BalasHapusScoopy fiKalo pake roller 11 gram rata + percvt 1000 rpm
BalasHapusapa kelebihan dan kekurangan nya bang?
mohon di jawab dengan benar dan tepat yee.hehehe
Scoopy fiKalo pake roller 11 gram rata + percvt 1000 rpm
BalasHapusapa kelebihan dan kekurangan nya bang?
mohon di jawab dengan benar dan tepat yee.hehehe
Scoopy karbu piston diganti pake punya vario 110,pulley roller diganti pake punya vario 110,roller pake 9gr rata + per cvt 1000rpm. Kampas sentrifugal perhatikan ya, biasanya udh tipis dan licin.
BalasHapusDengan upgrade seperti yg saya sebutkan barusan, terbukti akselerasi dan top speed meningkat. Dengan kompresi 10.7:1 Dan tetep irit BBM pastinya..
Knp ya tiap org cra mngkombinasikan loler letak'a brbeda2..
BalasHapusKnp ya tiap org cra mngkombinasikan loler letak'a brbeda2..
BalasHapusGan,mau nanya nih soal roller silang.klo buat matic mio sporty agak akselerasi dan top speed bagusnya pake roller ukuran brp gram gan?
BalasHapusCoba aja pakai 8gr dengan 12. Atau roller standarnya d silang dg roller 9 gr.Untuk per cvt, pertahankan yang standar aja mas. Bawaan pabrik. Lebih lembut jdi gak bikin mesin teriak. Bukaan pulley pun jadi cepat
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusgan kalau mio thn 2006 enaknya pake roller yg berapa gram? terus rollernya diganti berapa biji? terus sama per cvt yg berapa rpm enaknya ya? #salamgassspooolll
BalasHapusmisi gan minta masukannyaa .
BalasHapusmotor ane honda beat karbu .
per cvt udh di ganti pke KTC misalnya klo lolernya pake 10gr,8gr,sama orisinilan hondanya bagus gak gan ?
misi gan minta masukannyaa .
BalasHapusmotor ane honda beat karbu .
per cvt udh di ganti pke KTC 1500rpm misalnya klo lolernya pake 10gr,8gr,sama orisinilan hondanya 12gr di kasih bagus gak gan ?
Saya pake yg 9 gram rata Kawahara gan cvt ktc 1500 rpm tarikan. Bawah dapat atas dapat tengah lebih dapat lagi kalau balap Jupe MX standar lewat
Hapusikutan nimbrung 😁
BalasHapussaya pake scoopy TU155
awal Tu kmrn juga sama risaunya tentang uk.berat roller dan untuk skrg saya sudah mempunyai pemahaman bahwa
roller semakin ringan akan semakin cepat mencapai top speed tetapi hanya mentok di top speed itu saja dalam arti tenaga tidak mengisi lagi, tarikan bawah ringan bahkan terbilang liar.
semakin berat roller melemahkan tarikan awal tetapi memperpanjang power saat bertemu track jauh.. tenaga berasa ngisi terus.
saya pribadi pake uk.10gr turun 3gr dari bawaan pabrik.
pulley tidak harus memakai pulley racing asalkan kita bisa meminta tuner kita untuk mengoprek pulley menggunakan borcun. jamin gak kalah dengan part racing malah bisa lebih mantep jika tuner kita bisa memaksimalkan.
Scoopy 155cc
Hapuspiston : sonic standart 58mm
struk 2.0mm
noken : oprekan
klep bajaj 28,5 / 24 "sudutan
per klep BrT
karbu : Ktc pwk 28
knalpot : R9 misano
pulley : standart (oprek)
vbelt standart
roller 10gr. BrT
Cdi Ftect
sayangnya cuma bisa mentok disitu terbatasi oleh rusuk block motor beda dengan mio bisa Tu 300cc.. ubah langkah askruk dengan yg lebih panjang
Gan klo roller pake 3 biji dengan berat 9gram. Akibat nya apa gan ?
BalasHapusGan kalo untuk motor mio 2009 supaya bisa bertenaga ditanjakan pakai roller berapa gram?
BalasHapusGan motor saya miogt cc115. Kok motor saya limit di 80km. Mau tanya cara gehilagi limitnya gimana ya.. Dan roller cocok buat motor saya apayah. Mohon penjelasanya. Terima kasi
BalasHapusBayu syaputra.
HapusSama motor mu mio gt kyak punya ku .kalo di 80km/h.lemot .mau kencang di putaran 20km/h.& di 80km/h.ganti roller tdr yg berat 7g 3 biji & 3 yg standar nya pasang selang seking mekanik bengkel pasti tau tu ..oya per standar nya kalo masi bagus pertahankan .oya plek ban perlu di sesuakan .bensin minimal pertamax .kalo premium nangis tungangan lo hehe itu aja tip ente
Bayu syaputra.
HapusSama motor mu mio gt kyak punya ku .kalo di 80km/h.lemot .mau kencang di putaran 20km/h.& di 80km/h.ganti roller tdr yg berat 7g 3 biji & 3 yg standar nya pasang selang seking mekanik bengkel pasti tau tu ..oya per standar nya kalo masi bagus pertahankan .oya plek ban perlu di sesuakan .bensin minimal pertamax .kalo premium nangis tungangan lo hehe itu aja tip ente
Mio j q nyoba roller 11 gram..tarikan awal lemot.atas lmyan..tp top sped ttep kyk pke roller ori nya 9,5 gram
BalasHapusTooiy top speed ttep di 100k/jam...trus ni coba yg 10 gram..trikan bwah g trllu berat..tp top speed yampe 100 berat bget..mntok 95-98km/jam.n butuh trek pnjangg.klo pke roller 0rinya tatikan atas bawah lmyan n gak trllu lamaa untuk top speed..
BalasHapusKlo buat harian kyk e nak yg stndar dr pabrik e ..
BalasHapusN tenyata smkin berat roller g bakal nambah speed..podo ae..malah loyo di tarikan bawah.enak pke standar e.lgyan klobpke yg berat dibatas orinya bajak bunyi kletek" halus di bagian rollerbsitu..coba ajbg percya..saran q..mnding stndar aj dech klo buat harian..g beresiko
Yg ud coba selig roller/ yg pke roler rata dgan berat di atas ori...gmn komentarnya..tolong di jwab..ini q ud praktek sndiri..enak bawaan dr pabrik...ud di itung sama yg bijin motor..hh
BalasHapusgan , motor mio saya cuma bisa lari 20 km/jam ,dan boros bensin .solusi nya gimana yah gah . makasih
BalasHapusDI LEM BIRU MAS BROOO
HapusWekwekwek
HapusPermisi gan mau nanya
BalasHapusSaya pake beat fi , rencana nya mau ganti roller 8gr , per cvt 1000 rpm dan kampas ganda kawahara. Itu jadinya gimana ya ?
Apakah akselerasi bagus tapi top speed menurun ? Atau akselerasi bagus dan top speed tetap ?
Mohon di jwb yaa ^^
Kalo beat injeksi pakai roller 5 gr seling 8gr per cvt 1500 rpm...ada efek sampingnya nggak gan...
BalasHapusKalo beat injeksi pakai roller 5 gr seling 8gr per cvt 1500 rpm...ada efek sampingnya nggak gan...
BalasHapusKlo beat injeksi 13-9 asa efeknya gk ya
BalasHapusGana ane pake scopy karbu pake per 1500 rpm ktc dan roller pake 9 gram rata ktc koq malah berat ya tarikan awa
BalasHapusScoopy karbu pake per kitaco 1500 rpm sama roller kitaco yg 9 gram tarikan awal berat mesin juga beda suaranya gan mohon sarannya gan
HapusScoopy karbu pake per kitaco 1500 rpm sama roller kitaco yg 9 gram tarikan awal berat mesin juga beda suaranya gan mohon sarannya gan
HapusGana ane pake scopy karbu pake per 1500 rpm ktc dan roller pake 9 gram rata ktc koq malah berat ya tarikan awa
BalasHapusgan ane pake beat fi,rencana pengin ganti roller jadi 7 gram,gimana tuh gan??tapi kalo per cvt pakeyg orsinil
BalasHapustrus kalo dipake untuk jauh ada efeknya ga gan
punya gua beat fi gan..udah gnti lorrer selang seling 7 grm tdr dan standartnya..n ganti per cvt 1500 rpm hasilnya tarikan jadi enteng tpi teriakannya tmbh keras
Hapusgan saya mau tanya,motor saya beat f1 klau saya ganti roler 9gr sama yg 8gr + cvt 1500 rpm gmn..
BalasHapusgan saya mau tanya,motor saya beat f1 klau saya ganti roler 9gr sama yg 8gr + cvt 1500 rpm gmn..
BalasHapusgan mau tanya tolong fast answer ya,motorku beat FI,aku pakai roller 10gram CLD+per CVT 1000Rpm CLD tuh bagus gak ? apa ada solusi yg lain yg lebih baik?? tolong penjelasannya,terima kasih.
BalasHapusEnakan beat karbu lho, coba intip beat karbu pake roler berapa gr dan Per cvt yg berapa rpm? Beat yg sekarang cuma ngejar irit saja. Kemaren pake beat fi, bawahnya lemot....✌
HapusKalow mio gt per cvt 1500 rpm enakx pakek roler brapa
BalasHapusKalow mio gt per cvt 1500 rpm enakx pakek roler brapa
BalasHapusGmana cara pake roller standar biar cepat atas bawah tapi per tetep standar tolong info nyah gans
BalasHapusGmana cara pake roller standar biar cepat atas bawah tapi per tetep standar tolong info nyah gans
BalasHapusmas, roller mio automatic 2010 standarnye brape gram
BalasHapusGan Saya punya beat FI Sudah pake Per cvt1500rpm enak nya pake roller brp gram
BalasHapusMisi gan..klo loler beat di pake di mio bisa ga gan?
BalasHapusAku pake roller 8gr kawahara 3bh + 10gr kawahara 3bh selang seling ...di mio gt ym jet hasil nya accelerasi mantap enteng top speed ok gan
BalasHapusGan klo beat fi 2015 di pake roller 12g kawahara gmn ia ??
BalasHapusMnta pnjelasan ny
Gan klo beat fi 2015 di pake roller 12g kawahara gmn ia ??
BalasHapusMnta pnjelasan ny
Scoopy fi ku rencana ganti roller + perr ganda , roller 8 '10 + perr 1500 rpm ,apa pemakaian itu baik ?
BalasHapusLebih baik pakai 10 g dan vct tetap standar.
BalasHapusKlo di seling yang ada roller cept haus.
Nyata ku pkai sdh bertahun2 tarikan ga perna berubah.
Lebih baik pakai 10 g dan vct tetap standar.
BalasHapusKlo di seling yang ada roller cept haus.
Nyata ku pkai sdh bertahun2 tarikan ga perna berubah.
motor gw mio m3 pake roller 7,9 tapi masih aga kurang. cocok nya pake berapa ya gan?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKalo pake roller cuma 3 buah gimana gan?
BalasHapusBeserak gan
HapusKalo pake roller cuma 3 buah gimana gan?
BalasHapusKalo vario techno 2012 pake roller 8-10 sik sak tambabagus apa tidak gan.?
BalasHapus#balas
Kalo vario techno 2012 pake roller 8-10 sik sak tambabagus apa tidak gan.?
BalasHapus#balas
Gan kalo pake roller 6 disilang ma 8 gram pake per 1500 rpm di soul gt jadi gimana ya?
BalasHapusKlaw beat fi pakai loler tdr 8gram gmna gan?
BalasHapusGan,kalo scoopy fi pake stelan 10 sama 7 gram gimana jadinya??trus harus pake per CVT yang gimna?
BalasHapusGan ane pake roller tdr 8 gram sama per cvt TDR 1500rpm tpi ko masih berat yah gan tarikannya, tolong masukannya gan
BalasHapuskalau buat mio sporty bagusnya ganti roller yang berapa gram bang, sama per CVT yang berapa rpm
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskalau gue pakek yang 7 sama 9 gram gimana jadi nya, tapi gak di ganti per CVT
BalasHapuskalau gue pakek yang 7 sama 9 gram gimana jadi nya, tapi gak di ganti per CVT
BalasHapusGan ane pake scoopy sporty roller8gr+per Cvt1500rpm+Per Kampas Ganda 1500rpm gimana Tuh Gan Apa Pake Roller 10 aja kali ya
BalasHapusGan mau tanya kalo beat f1 ganti roller berapa ?
BalasHapusboss maaf mau nanya Motor sya Vario tecno 125 F1 2013 . Mau tak pasang roller koso 9 gram + per CVT 1500 TDR. Ap efeknya?
BalasHapusKlo matic honda ga ush diapa2in jg udah enak bos..bos skalian aplgi yg yg FI.. paling per centrifugal aj gnti yg lbih lmbut dkit.. klo mw lbih responsf lgi, jgn beli matic.. klo ymh ato szk, emang sya jg nemuin ad aja yg kurang bwt sya.
BalasHapusGan kalau untuk xeon karbu stop and go dan top speed enaknya pakai roller ukuran berapa dan per cvtnya berapa rpm
BalasHapusGan kalau untuk xeon karbu stop and go dan top speed enaknya pakai roller ukuran berapa dan per cvtnya berapa rpm
BalasHapusGan kalau untuk xeon karbu stop and go dan top speed enaknya pakai roller ukuran berapa dan per cvtnya berapa rpm
BalasHapusGan kalau untuk xeon karbu stop and go dan top speed enaknya pakai roller ukuran berapa dan per cvtnya berapa rpm
BalasHapusGan kalau untuk xeon karbu stop and go dan top speed enaknya pakai roller ukuran berapa dan per cvtnya berapa rpm
BalasHapusGan kalau untuk xeon karbu stop and go dan top speed enaknya pakai roller ukuran berapa dan per cvtnya berapa rpm
BalasHapusenaknya pakai loller 7 grm aja mas n cvt 1500 rpm..dijamin motor mas ingin langsung ngajak steanding
HapusMotor ane gret'an di bagjan cvt knp ea bang,, minta pencerahan soal'a ane pke rollee silangan standar ama tdr 8 gr
BalasHapusbro vario gen 1 (110) dan gen 2 cbs techno (110) roller berapa di pasang n per cvt berapa di kasih,apa pengaruh ke bensin ?,apa dya akan boros ato akan irit dari sebelumnya,(krn 2 matic ane bros masih standart semua)
BalasHapusMaaf cuma ngasih saran, kalau tenaga atau toop speednya tergantung motor gan, kalau beat cuma di awalnya saja kalau udah di ganti ganti roller berapa pun ya gabakal bisa ngejar yg dari bawaannya bisa nyolok , kalau spek standar pake percvt bawaan aja, loler yg di bawah kecilan yg di atas kasih 10 gram, nnti ente liat tuh larinya berapa km, kata sara sih keluarga honda kalau motor maticnya kurang toopspeednya. Saran saja
BalasHapusMau nanya nih gan saya pengguna motor beat pop esp klo biar akselerasi bawahnya mantep pake roller brapa gram ya? Mohon dibantu gan
BalasHapusSaya mau ngasih saran nih gan..biar tarikan enak loler pake 9gram pake loler nya 4 biji / 3 biji ajj..jangan di selang seling..saya pake 3 tenaga udah mantap..terus pake per cvt 1500
BalasHapusGan mio sporty di ganti roller TDR 10 gram + CVT 1500rpm gimana ya gan ?
BalasHapusTolong kasih masukan dan saran dong gan ?
Mohon saran ny sudh ada yg coba roler 9gr tpi tetap pakai per cvt ny yg std untuk yamaha mio m3 ??
BalasHapusmio sporty 2010
BalasHapusPer cvt tdr 1500 Rpm. Kampas ganda beat lama. Per kampas ganda tdr.
Roller tdr yg 9 gram.
Awalnya asoy.. gan
Gang mio sporty sy abis ganti roller 9gram rata trus kampas ganda msh standar cuman sy cungkil per cvt nya pake, obeng plak sy bikin kendor sedikit tpi keno ad bunyi kletek kletek klu rpm rendh dan abis gas tinggi tlong gang pencerahan nya
Hapuskalo pake roller 3buah beratnya 7gram , percvt1500rpm bklan gmna gan?
BalasHapuskalo pake roller 3buah beratnya 7gram , percvt1500rpm bklan gmna gan?
BalasHapusGan klu beat esp pake roller berapa ya. Trus cepet haus ga klu di ganti lebih ringan 3biji
BalasHapusGan saya pake roller 8gram cvt 1500rpm di beat fi kelebihan dan kekurangan nya gimna tuh gan
BalasHapuspunya saya jadinya berat .punya agan gmn
Hapuspunya saya jadinya berat .punya agan gmn
Hapusgan,punya ane beat f1.ane pasang per cvt 1500rpm dan roler 8gram.jadinya kok berat.baiknya pakai brp gram?
BalasHapusGan saya pakai roller 7gram 4 biji. Niatnya biar suara knalpot racing nya nambah bagus. Ada efek nya ga?
BalasHapusminta masukannya dong hehe
BalasHapusKlo scoopy fi pake roller rata 11gram gimana ya?
Kalau nouvo saya gan aku kasih silang depan punya xride dan blakang nouvo semua ori tapi vbelt dan per pully standar pabrik hasilnya nyaman sekali putaran bawah,tengah atas nyaman
BalasHapusSama gan, saya juga seperti itu, gak ada gejala vibrasi, malah waktu ganti roller, semua terkikis rata.
Hapusaplikasi di mio smile LOL
Motor saya beat karbu.misalnya roller di ganti dengan 10 gram,per CVT 1000rpm,per kopling juga di ganti.itu gimana gan..
BalasHapusSaya berat badan kisaran70kg ..saya pakai honda beat karbu, pakai roller 12gr di pasang 3 biji, 3 biji lg kosong per 1500rpm , mesin dll normal gaknada yh di ganti, hanya saringan ga di pake hanya rumah saringannya, akselerasi awal mantep, vibrasi smoot bgt gak kaya pertama pake 9gr dan 11gr selamg seling, berat di awal enak di tengah, ..coba deh buat motor matic yg masih karbu, pake 12gr di pasang 3 biji, pasang nya isi kosong, isi kosong..
BalasHapusSelamat mencoba,
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusitu per CVT atau per kampas kopling yang 1500rpm?
HapusAku di mio pakai rata 1000rpm. Mesin masih std
Roller buat beat karbu biar enteng di awal - tengah pake berapa gr mas ? Dan pemasanganya rata/oplos ? Cvt pake stndrt . Minta saran masih pemula soalnya hhehee
BalasHapusKelebihan pakai roller 11 gram buat Beat fi ap ya...?
BalasHapusGan mw tannya kllau mio m3 pke lorer 9 gram boros gk apa tarikan kenceng kllau di bawa lari
BalasHapusGan butuh masukan rumah roller ane bubut 13,5° trus jalur roller dikerok, nah roller brp gram yg cocok, sama percvt brp rpm gan?
BalasHapusMio smile
HapusNyimak,,sama gan belom ketemu roller berapa nya
Hapusmio smile rata 9gr, tutup roller pakai fino kode 4DO, per cvt 1500, per kampas std aja, kampas pakai beat saja. Kalau masih kurang kencang ya Bore-Up aja mas., buat boreup aman dan sehat. Hehehehehe
HapusMisi gan
BalasHapusMau tanya nih, saya punya vario 150cc, terus saya ganti roller nya pake 8sama11gram.
Emng iya mtor jdi tambah kenceng, tapi kenapa ko d dalam nya ada suara mendengung gtu y
Mendengung gimana mas zainal?
HapusRoller untuk beat biar makin kencang bawah sama tengah nya pake roller silang berapa om?
BalasHapusGan saya mau nanya dong,,kalau buat Mio J thn 2012 bagusnya pake roller uk brapa ya agar di tarikan awal sama top speednya dapet,,tapi piston saya udah ganti pake vario 125cc,,mohon infonya gan?
BalasHapusMotor saya beat fi 2013 roler 10 g rata per cvt 1500 supaya tidak mengaum gimna ya?? Tolong jawab udah bosen buka tutup cvt
BalasHapusKalau mesin masih standart disarankan Per CVT max 1000Rpm, per Kampas juga max 1000Rpm.
HapusKecuali mesin ente sudah bore-up+klep gede+porting polish.
kalau buat motor mio sporty make roler 7gram percvt 1500rpm gimana tarikan nya?
BalasHapusSesuai yang prnh saya rasakan. Motr teriak di RPM tinggi bro. Emang enak awalanya
Hapusbeat fi roler 9/10gr , per cvt 1500 dan per kampas 1500 apakah hasilnya memuaskan?
BalasHapusUmumnya. Roller seling hanya untuk bore up. Kalao standar sangat tdk di sarankan
HapusMas bro mau tanya motor saya mio fino karbu . Enak nya pake roller berapa gram ya . Ini saya pake in roller 6gram malah kayak getar semua . Per cvt saya pakein 1500rpm
BalasHapusMotorku lawas nouvo lele 2002 gak kalah dengan motor yg baru . Piston tak ganti milik Bison standard Cvt Tdr 1500 rpm . Roller Tdr 9 gram. Per kampas 1500 grm Apa lagi tanjakan Buleleng Singaraja ..Bedugul ....ketinggian 1300 m pokoknya memuaskan
BalasHapusMotor saya beat pop esp2015 Kalo tanjakan motor ga ada tarikanya kira2 yg enak pake roller Brpa gram sama cvt yg bpra RPM ya
BalasHapusBang mau nanya. Motr saya beat karbu. Saya pakekan roller 9gr, per CVT 1500RPM, V-Belt KTC, dan juga ganti per kopling yang 1000RPM. Mantab gk tu bang kira"
BalasHapusOm...mau tanya nupo saya pake per kampas ganda 1500rpm..puly depan rrgs...pr cvt standart kampas standart..kok nyetting nya susah ya buat dapet awalan tengah sm atasnya...yg ada malah ngaungg..apalagi pas seelah polisi tidur..ngaung banget..motor jalannya pelan..minta solusinya omm..makasih
BalasHapusKalau Mio M3 pake loler 7/9 bagus ga om
BalasHapusGann mau tanya kalau pke roller ori 3 biji itu ada efeknya ngga???
BalasHapusGan mau nanya motor beat karbu gua uda spek 54 tapi tarikan bawahnya lemah sebaiknya rolernya diganti brapa gram dgn per cvtnya brapa rpm?
BalasHapusBang kalo motor mber ganti apanya
BalasHapusGanti bibir lo biar mber
HapusItu bibir nya di ganti gtu ...hehe
HapusBang kan motor saya mio semile udh ganti karbu ninja tapi kalo diabisin gas nya suka plos
BalasHapusYa lu bego ,mio pakai karbu ninja . Reamer karbu standar lo
Hapusbang kalo ingin motor matik honda beat enak di tarikan bawah sampe atas enak nya pake apa?? terima kasih
BalasHapusSuhu ane 6 roller diseling 9,7,10,8,11,6 motor Otopet metik enak kali suhu tarikan josss .. Tiap ketemu cewe langsung nemplok dapat toke* suhuu mohon dicoba
BalasHapusBang mau nanya ni, motor sya mio gt sya sdh ganti cvt 1500 enak nya pkai roller brapa biar tarikan awal sma atasnya jos
BalasHapusBos motor sya mio GT sya sdh ganti cvt 1500 rpm, roller brapa dia harus pkai biar tarikan awal dgan atas mantap dan tarikan jos
BalasHapusKalo roler seling 8|9 kalo sama per cvt. 1500 buat beat new gmnh tuh lari nya?
BalasHapusadek mau nanya nih ke abang abang yaa . kalo honda vario 150 esp bagus nya roller nya pake yang berapa gram ? di seling engga dengan roller yg berbeda gram? per CVT nya ?
BalasHapusBeat135cc pengen enak atasan pake roller berapa gan?
BalasHapusNew Vario 125 ganti per cvt CLD 1500 rpm, rolel ktc 3 10g , kombin roler ori 3 18g , kampas di gores dikit n hasilx parah gk ngefek.. beri masukan sob
BalasHapusKampas ngapain di gores mas? Itu malah bikin makin habis dan makin tipis, jadi kurang lah tarikan.
HapusSaran aja.. penyilangan roller pd cvt gabakal bikin tarikan motor kalian enteng. Jika mau tarikan awal enteng perubahan full pd cvt harus di lakukan gabisa semata mata pd roller. Dan ingat produk aftermarket tidak menjamin akselerasi motor kalian lebih enteng di awal. Lebih baik menggunakan produk original dan tinggal menyesuaikan kebutuhan pd motor, karna motor kalian cuma kalian yg tau kebutuhan nya. Memang produk original membutuhkan biaya yg besar namun efek nya membuat motor kalian lebih awet gak hilang tenaga. Fyi: Full upgrade cvt harian dan balap berkisar antara 500rb - 1jt. Cari bengkel yg berpengalaman pada bidang nya. Saya pake beat 2010, pd sektor cvt telah di upgrade untuk harian dengan sparepart asli honda namun menyesuaikan kebutuhan. Top speed skrang (cdi std) tembus 115km(spek mesin bore up 55). Klo limiter pd cdi di hilangkan pernah tembus 130km dan masih minta nambah (spek mesin bore up 55)
BalasHapusBenar pak, mau kasih saran kaya gimana juga kalo kantong cetek mah ga akan nyaris sama speed
HapusGan kalau motor bobo kan vario lama klu pake loler7/9gram gmn? Trus suara knalpotnya
BalasHapusbakal gmn?
Gan ukuran berpa ya yg enak buat scoopy 2017 roller cvt sama per kampasnya
BalasHapusGan ane punya motor Vario techno 110 pakai roller 9gr dan cvt 1500 ko malah ga ada tarikan nya minta solusi nya gan...thanks
BalasHapusMisi mau tanya
BalasHapusMotor ane beat fi esp 2015 baru pasang loler 9gram per kampas 1500rpm am per cvt 1500 rpm vanbelt punya DAYTONA ko tarikan motor malah nggerung ga jelas ya ap kira2 aman ga buat harian
Saya juga pake esp, pakai yg 10gram semua per kampas 1500 cvt per 1500 V-Belt daytona kurang jos di bawah doang.
HapusPas di campur sama loler standard lebih jos, tinggal tambah ring di dalem rumah loler sama kampas yg TDR
HapusTapi biar ga bikin cepat abis lokernya mending pake yang 1000 rpm per vct nya
HapusMaaf bang numpang nanya saya pake roller 9gram3 12gram3 Ama ganjel per svt pake bobokan kurang ember kalo mau ember makin deras di gimanain pagi?
BalasHapusGan klo pake roller selang seling 7/9 di beat karbu apa jadinya?
BalasHapusMau nanya lagi nih gan, kan motor ane beat karbu knalpot bobok mrc ya, trs biar mberr + agak ngeden gmna solusinya? Apa hrs ganti roller selang seling 7/9 tambah percvt ya??
BalasHapusMohon solusinya gan
Mau nanya lagi nih gan, kan motor ane beat karbu knalpot bobok mrc ya, trs biar mberr + agak ngeden gmna solusinya? Apa hrs ganti roller selang seling 7/9 tambah percvt ya??
BalasHapusMohon solusinya gan
Mas mau konsul motor saya mio soul lama meain udah bor up 150, trs saya pake per cvt 1500rpm, enaknya pake roller brpa gram ya, biar akselerasi sama top speed nya dapet
BalasHapusMas mau nanya kalau beat karbu makai roler 8 gram dan per cvt 1500 rpm merk TDR gimna
BalasHapus